Langsung ke konten utama

Cara Mengolah Memasak Daging Qurban Kambing dan Sapi Agar Enak, Empuk, dan Bau Sedap

Hari raya qurban datang, wah kebanjiran daging nih di rumah. Iya kan? Ada daging kambing dan ada juga kebagian daging Sapi. Sampai banyaknya jai bingung mau diapain tuh daging qurban. Ya ujung-ujungnya di bakar/panggang alias di sate. Kalau ada sisa ya langsung masuk kulkas. Bunda dan sista pernah mengalami seperti itu kan? hehehe..

Resep Masak Daging Qurban Kambing Sapi

Tenang, don't worry be happy... mulai sekarang bunda dan sista gak perlu khawatir lagi ya untuk menangani daging qurban. Karena tulisan yang sedang Anda baca ini, akan mengulas dan memberi solusi kepada bunda/sista tentang bagaimana cara mengolah atau memasak daging qurban berupa kambing dan sapi supaya enak, lunak, empuk, dan bau sedap. Mau tahu bagaimana caranya? Baca terus ya sampai selsesai.. ^_^

Cara untuk memasak daging kurban Sapi dan Kambing perlu dilakukan beberapa cara agar nantinya daging kurban tidak berbau dan tidak keras saat dimakan.  Beriku cara mengolah atau memasak daging kurban agar tidak berbau dan tidak keras saat dimakan:

Cara Mengolah / Memasak Daging Kurban Agar Beraroma Sedap

Senikmat apapun rasa daging kambing seenak apapun rasanya daging tersebut tapi jika berbau "prengus" tentu akan menghilagkan enaknya rasa sajian tersebut, selain itu banyak orang menyukai daging kambing namun malas untuk mengolahnya karena baunya yang "prengus".Tapi setelah membaca tips berikut di jamin bunda / sista tidak akan malas lagi untuk menikmati dan memasak daging kambing olahan sendiri.

Cara Pertama, Rebus daging kambing dengan lobak
Rebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, setengah jam kemudian keluarkan lobaknya. Setelah itu pergunakan daging kambing untuk memasak sesuai dengan resep masakan daging kambing yang disukai.

Cara ke-dua, Siram dengan Jeruk Nipis
Cara lainnya lagi, sebelum dimasak daging kambing disiram dengan tetesan air jeruk nipis. Jika tidak ada jeruk nipis bisa dengan menggunakan daun jeruk limau.Karena aroma jeruk nipis yang tajam bisa menghilangkan bau prengus pada kambing tersebut.

Cara ke-tiga, Daging Langsung Diolah
Langsung mengolah daging kambing yang baru disembelih, tanpa pernah sedikitpun mencucinya terlebih dahulu baik dengan air maupun bahan pencuci lainnya. Bau amis itu akan berkurang dengan sendirinya jika dimasak dengan benar (sampai meresap, tanak, dan cukup waktu). Jangan lupa berhati-hati ketika memotong daging kambing agar tidak terkena kotoran (sehingga kita tergoda alasan harus membilasnya dengan air). Jika bulu-bulu kambing masih menempel halus dan tipis, cabuti saja pelan-pelan. Daging kambing yang siap olah boleh disimpan dulu di dalam kulkas sebelum dimasak, sepanjang tidak dicuci dengan air.

Cara ke-empat, Bungkus dengan daun pepaya
Sebelum dimasak bungkus dengan daun pepaya dan buah nanas. karena daun pepaya bikin daging menjadi empuk setelah matang sedangkan nanas untuk menghilangkan bau amisnya. diperkirakan bau nanas lebih kuat daripada jeruk

Cara ke-lima, Campur dengan jahe
Cincang, memarkan atau lumat jahe, kemudian campurkan pada daging yang akan diolah. Aroma Jahe akan menutupi bau lebus pada daging. Agar hasilnya maksimal, lebih baik lagi Jahe yang dlhaluskan bersama bumbu lain. Untuk menghilangkan bau tak sedap. Anda Juga bisa menambahkan bumbu dapur beraroma kuat seperti kapulaga. kayu manis, cengkeh, dan bumbu rempah lainnya. Bumbu-bumbu yang beraroma kuat seperti itu tidak hanya membuat rasa masakan menjadi nikmat, tetapi juga membantu menghilangkan bau tidak sedap pada daging.


Cara Mengolah / Memasak Daging Kurban Agar Lunak dan Lembut

Usahakan mengolahnya dalam masakan yang proses masaknya memang lama. Misal, gulai atau rendang. Kalau ingin diolah sebentar, buat masakan yg dibuat dari daging giling, bukan daging utuh, hingga saat matang, daging sudah empuk.

Resep Masak Daging Qurban Menjadi Rendang

Kalau ingin dibuat sate, rendam kambing dalam campuran bumbu yang diberi sedikit baking powder.
Selain baking powder, daging kambing bisa diempukan juga dengan bubuk papain yang dijual dalam kemasan botol plastik. Daging kambing juga bisa diempukan dengan cara dibungkus parutan nanas atau daun pepaya. Simpan daging yang sudah dibungkus ini di dalam lemari es dalam wadah tertutup.


Kumpulan Ide Resep Masakan Daging Qurban yang Enak dan Lezat

1. Bakso daging sapi
 

Bahannya :
  • 1 kilo gram daging sapi, giling sampai halus sekali
  • 250 gram tepung kanji
  • 300 gram tepung sagu
  • 100 cc air es
  • 1 sendok makan garam
  • 8 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh merica bubuk

Cara membuat Bakso daging sapi : 
  • Haluskan daging sapi  dengan bawang putih, merica dan garam sampai lembut dan diberi air es. Campur di baskom / panci dengan tepung kanji, tepung sagu kemudian diuleni / diaduk sambil ditambah air sedikit-sedikit sampai adonan licin.
  • Didihkan air yang banyak (  3/4   nya )  panci, kemudian  kecilkan api sampai air tidak bergolak lagi.
  • Taruh adonan di tangan, lalu kepal adonan hingga keluar dari genggaman, sendoki dan masukkan ke dalam air mendidih tadi,
  • Rebus kira-kira 10 menit dengan api kecil.

2. Nuget Sapi
 

Bahan :
  • 3 lembar roti tawar, buang kulitnya
  • 125 ml susu cair
  • 1 sdm margarin
  • 40 gram bawang bombay, cincang halus
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 250 gram daging sapi giling
  • 1 batang wortel, kupas, potong dadu kecil / diparut
  • 1 kuning telur
  • 2 putih telur ayam, kocok lepas
  • 150 gram tepung roti
  • minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Nuget Sapi :
  • Rendam roti tawar dalam susu cair hingga lembut, aduk hingga halus, sisihkan.
  • Lelehkan margarin, tumis bawang bombay, bawang putih, merica hingga harum.
  • Angkat lalu  sisihkan.
  • Campur roti yang sudah dihancurkan dengan  bawang bombay & bawang putih yang sudah ditumis, merica bubuk, garam, daging sapi giling, wortel dan kuning telur, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin, tekan-tekan hingga padat.
  • Kukus dalam dandang panas selama 15 menit,  hingga matang, angkat, dinginkan. Keluarkan adonan dari loyang.
  • Potong sesuai selera. Jangan dipotong selagi masih panas, bisa hancur.  Kemudian lumuri dengan putih telur kocok, gulingkan ke dalam tepung roti. Masukkan ke frezer bisa tahan sebulan. Jika ingin menikmati nuget, tinggal  digoreng  hingga kuning kecoklatan, angkat, tiriskan. Enak dimakan dengan saos.

Demikianlah Ulasan tentang Cara bagaimana mengolah dan memasak daging qurban (kambing dan Sapi) agar enak, lezat, lunak, empuk, dan beraroma sedap. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Bunda dan Sista ya.. Selamat Mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Ini Menjadikan Masakan Cumi Anda yang Sederhana Menjadi Enak dan Istimewa

Resep masak terbaik kali ini ini adalah Cumi Cah Tahu Putren. Dengan resep ini masakan cumi anda yang sederhana menjadi enak dan istimewa. Bagimana cara memasaknya? Ikuti penjelasan berikut

Resep Tumis yang Satu Ini Siap Membuat Selera Anda Meledak

Resep tumis paku ranjau. Ya, sesuai dengan namanya resep yang satu ini siap membuat selera makan anda meledak-ledak. Resep ini memanfaatkan tumbuhan paku (pakis hijau). Tumbuhan ini memiliki tekstur yang krenyes dan sangat cocok jika ditambah cabe rawit merah yang pedas-pedas. Wow..rasanya semakin enak dan bikin nafsu makan Anda bertambah. Bagaimana cara membuatnya? yuk ikuti penjelasannya.

Resep Ayam Bacem Semar Mesem

Resep Ayam Bacem Semar Mesem yang bikin hati bunda dan sista bakalan kesengsem :) Bahan-bahan  untuk 8 porsi:  1 ekor ayam, potong 8 bagian  5 lembar daun salam  5 lembar daun jeruk, buang tulangnya  Secukupnya gula merah, sisir halus  Secukupnya kecap manis  Secukupnya gula pasir  Secukupnya garam  1 liter air kelapa (hanya sampai ayam terendam)  Bumbu Halus    8 siung bawang merah  4 siung bawang putih  3 ruas lengkuas  2 sdm ketumbar  1/2 sdt jinten  100 ml air asam jawa Langkah Pembuatan: Membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit Dalam wajan masukkan ayam, bumbu yg sudah dihaluskan, air kelapa dan bahan lainnya. Masak hingga ayam lunak dan bumbu meresap, tes rasa yaa.. kalo saya setelah lunak ayam   tidak langsung ditiriskan tapi dibiarkan dalam wajan hingga bumbu benar" meresap.. Semisal masak pagi, sorenya baru diangkat.. Biar afdol hee.. Goreng ayam dengan api kecil kna cepet banget gosongnya.. Kalo mau di bakar/panggang tinggal dioles de