Langsung ke konten utama

Cara Praktis Membuat Foto Resep Dengan Kamera Handphone

Cara praktis membuat foto menu makanan atau resep makanan dan minuman dengan menggunakan handphone tentunya menjadi hal menarik bagi para pecinta kuliner. Sudah sering kita saksikan bagaimana kelakuan orang sekarang terutama para pecinta kuliner. Dimana saja mereka berada, ketika mereka ketemu dengan makanan, pasti mereka mengabadikan kebersamaan mereka dengan makanan yang ia sukai dengan cara mengambil gambarnya menggunakan kamera handphone. Wah kayaknya seru banget.

Tapi ingat loh, kalau anda tidak tahu cara, trik atau tipsnya dalam mengambil gambar atau foto makanan yang anda sukai... sangat sayang moment asyik kebersamaan anda dengan makanan anda akan kurang sempurna...hehehe. Mau tahu bagaimana cara yang praktis dalam mengambil foto menu atau resep makanan anda agar hasilnya memuaskan hanya menggunakan sebuah kamera handphone? 

Ada tips praktis nih bagi kamu yang ingin mengabadikan foto-foto resep masakan jadi lebih menarik meskipun menggunakan kamera handphone. Untuk mendapat foto resep yang menarik, tentunya kamu harus tahu beberapa hal dasar dan trik mudah dalam mengambil foto makanan.

Pencahayaan terbaik adalah dari sinar matahari. Dekatkan makanan ke arah sinar matahari agar warna makanannya "muncul". Selain itu cahaya matahari memperjelas tekstur makanan kamu yang membuatnya makin menarik.
Seperti pada resep Ayam goreng mentega oleh Nila Alfani dimana dengan cahaya yang cukup, maka tekstur, warna pada makanan akan keluar dan akan sangat mengugah selera.
Ayam goreng mentega
Catatan: Hindari penggunaan flash saat memotret makanan karena akan memantulkan cahaya dan warna makanan tertutup oleh cahaya. Jika memang terpaksa, pakai latar belakang berwarna gelap agar tidak memantulkan cahaya.

Sebisa mungkin hindari pengambilan gambar dengan menampilkan wajah atau tubuh kita sebagai latar belakang. Gunakan meja makan, papan atau kardus yang kamu lapisi dengan kertas putih sebagai latar belakang agar warna makanan kamu dapat menonjol.
Seperti pada foto resep Puding Nangka dimana KartikaDews mengambil foto Puding nangka dengan latar belakang dan alas berwarna putih. Dengan begini, tekstur dan warna puding nangka yang bewarna cokelat kekuningan akan lebih terlihat.
Puding Nangka
Catatan: Manfaatkan area luar ruang sebagai variasi latar belakang sekaligus memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber cahaya.

Percaya deh, properti foto tidak harus mahal. Kamu bisa kombinasikan dengan benda-benda yang ada di rumah, seperti spatula, telenan, daun dan bunga atau bumbu rempah yang disebar di sekeliling piring.
Untuk properti sederhana, namun menghasilkan hasil foto yang menarik, kita bisa belajar dari resep Sup Bihun Tahu Vietnam dimana Hes Hidayat hanya menggunakan sumpit, piring bentuk daun yang diberi jeruk nipis, dan alas berbahan bambu.
Sup Bihun Tahu Vietnam
Catatan: Hindari mengambil gambar makanan dari lantai. Sebaiknya gunakan meja makan, kertas putih, potongan-potongan kayu atau alas foto lipat yang memiliki corak seperti kayu yang banyak dijual belakangan ini.

Untuk pemula, ada baiknya menggunakan piring atau wadah dengan warna putih agar warna makanan bisa menonjol dan terlihat bersih. Seperti pada resep Tahu Kuah Saus Sambal dimana Novi Herawati memakai piring putih sebagai wadah sehingga warna tahu lebih menonjol.
Tahu Kuah Saus Sambal
Kamu juga bisa loh menunjukan bagian dalam makanan supaya orang yang melihat resep kamu semakin tertarik. Seperti pada resep Strawberry Ombre Cake dimana Cooking DJ memotong kue, lalu memperlihatkan gradasi warna indah yang terdapat pada bagian dalam kue.
Strawberry Ombre Cake

Bereksperimen-lah dari berbagai macam angle atau sudut atas, bawah, kiri dan kanan. Selain itu cobalah untuk mengambil foto makananmu dari jarak dekat dengan cara mendekatkan diri kamu dan hindari memakai zoom agar tidak pecah.
Ingat posisi tubuh ketika mengambil foto makanan jangan sampai menutupi cahaya. Dengan latihan yang sering akan mengasah sense kamu dalam mengambil foto makanan dari sudut terbaik. Misalnya pada foto resep Resep Ramadhan Donat Sederhana yang dibuat oleh Novi Herawati dimana foto diambil dari atas dan dari samping.
Tampak atas
Resep Ramadhan Donat Sederhana
Tampak samping
Resep Ramadhan Donat Sederhana

Gunakan crop untuk memotong bagian-bagian yang berlebihan pada foto kita sehingga foto kita dapat menampilkan keseluruhan makanan kita. Jikalau perlu, boleh memakai watermark dengan ukuran seperlunya dan letakan pada area foto yang tidak menutupi makanan kita.
Seperti pada resep Nasi Goreng Sarden Pedas dimana ada watermark yang ditambahkan IbuMudaBijak dengan ukuran seperlunya dan ditempatkan pada makanan tapi hasil makanan masih terlihat dengan jelas bukan?
Nasi Goreng Sarden Pedas


Catatan: Sebaiknya gunakan warna watermark yang diserasikan dengan nuansa foto makanan agar tidak menimbulkan distraksi bagi para pembaca resep kamu.

Bagaimana tips Food Photography hari ini? Mudah dan bisa dipelajari bukan? Asal kita rajin latihan motret dan berani mencoba hal-hal baru, pastinya kemampuan kita menyajikan resep dengan foto menarik semakin meningkat. Selamat memotret. :)
Sumber referensi:
  • http://masukdapur.com/foodphotography-kamera-smartphone oleh Hes Hidayat
  • http://www.diahdidi.com/2015/04/tips-presentasi-foto-makanan-untuk.html oleh Diah Didi
Icon facebook Facebook
Icon twitter Twitter
Icon link Blog Cookpad Indonesia
PT. Cookpad Digital Indonesia
Menteng Square SOHO, Tower A lt. 22 no. 15
Jl. Matraman no. 30E, Jakarta Pusat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Ini Menjadikan Masakan Cumi Anda yang Sederhana Menjadi Enak dan Istimewa

Resep masak terbaik kali ini ini adalah Cumi Cah Tahu Putren. Dengan resep ini masakan cumi anda yang sederhana menjadi enak dan istimewa. Bagimana cara memasaknya? Ikuti penjelasan berikut

Resep Tumis yang Satu Ini Siap Membuat Selera Anda Meledak

Resep tumis paku ranjau. Ya, sesuai dengan namanya resep yang satu ini siap membuat selera makan anda meledak-ledak. Resep ini memanfaatkan tumbuhan paku (pakis hijau). Tumbuhan ini memiliki tekstur yang krenyes dan sangat cocok jika ditambah cabe rawit merah yang pedas-pedas. Wow..rasanya semakin enak dan bikin nafsu makan Anda bertambah. Bagaimana cara membuatnya? yuk ikuti penjelasannya.

Resep Ayam Bacem Semar Mesem

Resep Ayam Bacem Semar Mesem yang bikin hati bunda dan sista bakalan kesengsem :) Bahan-bahan  untuk 8 porsi:  1 ekor ayam, potong 8 bagian  5 lembar daun salam  5 lembar daun jeruk, buang tulangnya  Secukupnya gula merah, sisir halus  Secukupnya kecap manis  Secukupnya gula pasir  Secukupnya garam  1 liter air kelapa (hanya sampai ayam terendam)  Bumbu Halus    8 siung bawang merah  4 siung bawang putih  3 ruas lengkuas  2 sdm ketumbar  1/2 sdt jinten  100 ml air asam jawa Langkah Pembuatan: Membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit Dalam wajan masukkan ayam, bumbu yg sudah dihaluskan, air kelapa dan bahan lainnya. Masak hingga ayam lunak dan bumbu meresap, tes rasa yaa.. kalo saya setelah lunak ayam   tidak langsung ditiriskan tapi dibiarkan dalam wajan hingga bumbu benar" meresap.. Semisal masak pagi, sorenya baru diangkat.. Biar afdol hee.. Goreng ayam dengan api kecil kna cepet banget gosongnya.. Kalo mau di bakar/panggang tinggal dioles de